BPBA LAKSANAKAN SOSIALISASI HOTEL AMAN BENCANA

BPBA LAKSANAKAN SOSIALISASI HOTEL AMAN BENCANA

Badan Penanggulangan Bencana Aceh melaksanakan Sosialisasi Hotel Aman Bencana bertempat Kyriad Muraya Hotel, 8 April 2019. (sumber foto : BPBA)

BANDA ACEH - Badan Penanggulangan Bencana Aceh melaksanakan Sosialisasi Hotel Aman Bencana bertempat Kyriad Muraya Hotel, 8 April 2019. - Kegiatan yang berlangsung sehari tersebut diikuti 30 peserta yang merupakan General Manager Hotel yang berada di Banda Aceh dan Aceh Besar, perwakilan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Satpol PP Aceh, Dinas Mobilitas Penduduk Aceh, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Aceh, DAMKAR Kota Banda Aceh, BPBD Kota Banda Aceh dan BPBD Kabupaten Aceh Besar.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh, H. Teuku Ahmad Dadek, SH menjelaskan Hotel Aman Bencana adalah Hotel dan atau Penginapan yang mempunyai komitmen akan budaya aman dan sadar akan risiko, memiliki rencana yang matang dan mapan sebelum, saat dan sesudah bencana dan selalu siap untuk merespon pada saat darurat bencana.

Teuku Dadek yang didampingi oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Bobby Syahputra, SE, M.Si dan Kepala Seksi Kesiapsiagaan, Mukhsin Syafi'i, ST, MT menambahkan bahwa kegiatan ini juga merupakan rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Aceh sekaligus menyongsong Hari Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2019 karena keesokan harinya akan dilaksanakan Workshop dan Focus Group Disscusion selama 3 (tiga) hari di tempat yang sama untuk 30 orang Divisi Keamanan dan Keselamatan Hotel di Banda Aceh dan Aceh Besar.

Hari Kesiapsiagaan Bencana yang diinisiasi oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana Tahun 2017 lalu telah menjadi kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan secara serentak seluruh Indonesia setiap tanggal 26 April pukul 10.00 WIB.

Badan Penanggulangan Bencana Aceh telah berpartisipasi secara aktif sejak 2017 dan 2018 mengkoordinir Instansi/Lembaga terkait dan mendorong Badan Penanggulangan Bencana Daerah di seluruh Aceh untuk sama-sama secara mandiri melaksanakan Hari Kesiapsiagaan Bencana dengan #SiapUntukSelamat #BudayaSadarBencana

Adapun Tahun 2019, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh terus mendorong, Kegiatan Simulasi Hari Kesiapsiagaan Bencana senantiasa tetap dilaksanakan secara mandiri di seluruh Aceh sesuai dengan ancaman bencana di masing-masing Daerah misalnya Banda Aceh dan Aceh Besar yang memiliki potensi bencana Gempa Bumi dan Tsunami akan melakukan Simulasi Gempa Bumi dan Tsunami sementara Daerah lain yang miliki potensi atau ancaman bencana Banjir dan atau Banjir Bandang akan melaksanakan Simulasi terkait bencana tersebut.

Selanjutnya akan dilaksanakan kegiatan Pemantapan Pelaku, Geladi dan Simulasi Hari Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2019 yang akan berlangsung di Kyriad Muraya Hotel Banda Aceh selama 4 (empat) hari dimulai pada tanggal 23-26 April 2019 diikuti oleh 153 orang peserta yang terdiri dari para General Manajer Hotel, Divisi Keamanan dan Keselamatan Hotel dan para karyawan Hotel yang berada di Banda Aceh dan Aceh Besar dan Instansi/Lembaga terkait lainnya.

Puncak dari seluruh rangkaian kegiatan ini adalah Simulasi Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi dan Tsunami pada tanggal 26 April 2019 pukul 10.00 WIB di Kyriad Muraya Hotel Banda Aceh sebagai pilot project Hotel Aman Bencana di Aceh.

Diakhir kegiatan, dilakukan penandatanganan komitmen dan rencana tindak lanjut oleh para Pimpinan Hotel untuk melaksanakan Pembentukan Hotel Aman Bencana. Juga Kepala Pelaksana BPBA memberikan cinderamata berupa Buku Smong dan Sertifikat kepada para Peserta Sosialisasi Hotel Aman Bencana.

Sumber :
BADAN PENANGGULANGAN BENCANA ACEH
KEPALA PELAKSANA

H. TEUKU AHMAD DADEK, SH.

Share Berita

Dipost Oleh W Suratman

Staf Pastigana

Post Terkait

Tinggalkan Komentar