BPBD BANTEN BERSAMA RRI SOSIALISASIKAN HKB 2020 MELALUI PROGRAM KENTONGAN

BPBD BANTEN BERSAMA RRI SOSIALISASIKAN HKB 2020 MELALUI PROGRAM KENTONGAN

SERANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten bersama Radio Republik Indonesia (RRI), sosialisasikan Hari Kesiapsiagaan Bencana 2020 melalui program Kentongan. 

Demikian salah satu point informasi dari BPBD Banten yang diterima tim redaksi, pada Senin (11/03), sebagaimana link terkait dikirim via email. 

Bahwa sejak hari Senin (10/03) BPBD Banten bersama RRI memulai kampanye dan mensosialisasikan Hari Kesiapsiagaan Bencana 2020, melalui program “Kentongan” yang merupakan salah satu program unggulan RRI. 

Hadir sebagai narasumber pada acara program “Kentongan” tersebut, Dr. KH Wawan (dari Univeritas Islam Negeri Banten mewakili kalangan Perguruan Tinggi/Akademisi); Tarjono, S.Sos (dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika/BMKG); dan Drs. M.Juhriyadi (dari BPBD Banten). 

Acara tersebut disiarkan secara langsung melalui RRI, dan sebagaimana diketahui bahwa sejak awal program “Kentongan” di-launching (tahun 2019), acara ini disiarkan oleh 105 RRI seluruh Indonesia, dan disiarkan juga oleh 223 stasiun relay di Indonesia.  

Peluncuran program Kentongan diresmikan langsung oleh Direktur Utama RRI, M. Rohanudin pada saat itu tepatnya (Rabu, 25 September 2019) dengan mengetuk kentongan secara simbolis bersama tamu undangan dan masyarakat yang hadir menyaksikan peresmian program unggulan RRI tersebut. 

Program Kentongan RRI diluncurkan sebagai jawaban atas kebutuhan akan adanya media massa yang peduli terhadap mitigasi bencana. Program Kentongan dikaitkan dengan kearifan local pada sebagian masyarakat Indonesia sebagai penanda terjadinya suatu peristiwa. 

Kentongan berupaya mengedukasi publik menjadi masyarakat tangguh bencana, sebab pertolongan pertama saat terjadi bencana adalah pada diri orang itu sendiri. 

Program kentongan juga berupaya menjadikan tanggap bencana sebagai bagian dari gaya hidup, mulai dari sigap menghadapi bencana, mengatasi bencana dan peduli terhadap lingkungan. 

Penulis : W.Suratman/diolah dari sumber BPBD Banten dan sumber lainnya. 
Sumber Foto : BPBD Banten.

Share Berita

Dipost Oleh W Suratman

Staf Pusdalops BNPB

Post Terkait

Tinggalkan Komentar