BPBD Kab Wonogiri Adakan Pelatihan Fasilitator Bidang PRB Inklusi

BPBD Kab Wonogiri Adakan Pelatihan Fasilitator Bidang PRB Inklusi

WONOGIRI – BPBD Kabupaten Wonogiri mengadakan kegiatan peningkatan kapasitas melalui Pelatihan Fasilitator di Bidang Pengurangan Risiko Bencana Inklusi bagi anggota Unit Lidi, Kabupaten (Relawan Disabilitas. 

Kegiatan ini sekaligus dalam upaya penyiapan keberadaan Fasilitator Relawan Disabilitas di Kabupaten Wonogiri. Kegiatan ini dibuka oleh Pj.Sekda Kabupaten Wonogiri, Rabu (26/02) di ruang pertemuan BPBD. 

Sebanyak 30 orang yang terdiri dari 23 relawan Disabilitas dan 7 relawan Komunitas Forum Pengurangan Risiko Bencana (F-PRB). 

Pemateri dan fasilitator dalam kegiatan tersebut, dibantu dari BPBD Provinsi Jawa Tengah (mll Unit Lidi Provinsi Jawa Tengah) dan Pusat Pengembangan dan Pelatihan Rehabilitasi Bersumberdaya Masyarakat (PPRBM) Surakarta serta Fasilitator F-PRB Kabupaten Wonogiri. 

Berbagai materi yang dilatihkan dalam kegiatan tersebut, kebijakan penyelenggaraan penanggulangan bencana Insklusi Disabilitas Kabupaten Wonogiri; Mangemen Penanggulangan Bencana (PB); Inklusi dalam aksi kemanusiaan; Sensitivitas Insklusif Difabel dan Publik Speaking. 

ADapun maksud dan tujuan, dalam pelatihan tersebut, nantinya para peserta diharapkan mampu, menerapkan mandate inklusi, memahami aspek kunci dan indicator inklusi Disabilitas. Memahami definisi Disabilitas dan menghubungkan dengan dampak bencana pada Disabilitas serta mampu melakukan Penanggulangan Bencana Inklusi secara praktis, yaitu informasi dan bertindak dalam aksi. (*) 

(sumber kegiatan : BPBD Kab.Wonogiri. Penulis : W.Suratman/sumber Foto : BPBD Kab.Wonogiri).

Share Berita

Dipost Oleh W Suratman

Staf Pusdalops BNPB

Post Terkait

Tinggalkan Komentar