Deputi Bidang Pencegahan BNPB Hadiri Jambore Relawan Squad PBI

Deputi Bidang Pencegahan BNPB Hadiri Jambore Relawan Squad PBI

JAKARTA (Senin 6 Desember 2021) - Guyuran hujan, saat penutupan acara Jambore Relawan Squad Penanggulangan Bencana Indonesia, sekaligus dalam rangka memperingati Hari Relawan Sedunia (International Volunteer Day) 2021, tidak menyurutkan para relawan untuk tetap semangat dalam mengikuti rangkaian acara tersebut. 

Bahkan Deputi Bidang Pencegahan BNPB yang didampingi Direktur Kesiapsiagaan beserta staf, usai apel penutupan dan menyaksikan simulasi kebencanaan gempa bumi, langsung ikut membaur bersama para relawan ke tengah lapangan, menyanyikan lagu padamu negeri diiringi guyuran hujan, sampai basah kuyup. 

Suasana penuh haru, semangat optimisme terpancar dari tatapan para relawan, saat merayakan Hari Relawan Sedunia yang jatuh setiap tanggal 5 Desember. 

Para relawan yang tergabung dalam Squad Penanggulangan Bencana Indonesia (Squad PBI), Sabtu – Minggu (04 – 05 Desember 2021) menggelar Jambore Relawan, sekaligus dalam rangka memperingati Hari Relawan Sedunia (International Volunteer Day) 2021,  di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur. 

Berdasarkan data dari panitia, sekitar empat ratusan lebih orang relawan yang tergabung dalam Squad Penanggulangan Bencana Indonesia, ikut ambil bagian dalam kegiatan Jambore dan Peringatan Hari Relawan Sedunia 2021 tersebut. Mereka berasal dari berbagai daerah, tidak saja sekitar Jabodetabek, ada juga yang dari Karawang, Sukabumi, Banten, bahkan ada yang sengaja datang langsung dari Banyuwangi, Jawa Timur. 

Acara dibuka langsung oleh Pembina Squad PBI, Pangarso Suryotomo, didampingi Ketua Umum Squad PBI  Subur Rojinawi, beserta jajaran pengurus dan panitia pelaksana. Selain itu juga hadir Plt.Kalaksa BPBD Provinsi DKI Jakarta, Sabdo Kurnianto didampingi Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Lembaga, Basuki Rahmat, dan staf BPBD DKI Jakarta lainnya,  Perwakilan dari Kantor SAR (Kansar) Jakarta, dan para mitra Lembaga baik intansi pemerintah, lembaga usaha, komunitas, NGO, dll. 

Pembina Squad PBI yang juga Direktur Kesiapsiagaan BNPB dalam kesempatan tersebut menyampaikan, bahwa kemandirian relawan menjadi ujung tombak bagi para relawan kedepannya. Kegiatan jambore relawan yang diselenggarakan oleh teman-teman Squad PBI ini, sekaligus dalam rangka memperingati Hari Relawan Sedunia, International Volounteer Day, jelas Pembina Squad PBI. 

Apa yang dilakukan oleh para relawan yang tergabung dalam Squad PBI ini, lanjut pria yang akrab disapa Pak Papang, bisa menjadi contoh bagi para relawan diseluruh Indonesia. Kolaborasi, kebersamaan dalam setiap kegiatan, termasuk saat merespon ketika terjadi bencana, telah terkoordinasi dengan baik. 

Dalam kesempatan tersebut, Pangarso Suryotomo menegaskan bahwa Squad PBI bukanlah organisasi, ini adalah payung, rumah besar dan wadah bagi para relawan untuk melakukan koordinasi, meningkatan kapasitas keahliannya, dan kolaborasi lainnya. 

Pangarso Suryotomo, juga menyampaikan dalam memperingati Hari Relawan Sedunia tahun ini, kita juga mengenang dan memberikan apresiasi dalam bentuk  “in Memory of Humanitarian Volunteer”, bagi lima orang pejuang kemanusiaan, anggota Squad PBI yang gugur saat tugas ditengah pandemic Covid-19. Kelima orang pejuang kemanusiaan tersebut adalah, Irwanto (Relawan Masjid Baznas Tanggap Bencana BAZNAS (BAZIS) DKI Jakarta), Youanda Mavy Mauren/Wanda (Relawan Respon DMC Dhompet Dhuafa), Devina Andiviaty (Rufaidah Humanity Care/RHC), Iqbal dan Alvia. 

Sementara itu Ketua Umum, Squad PBI Subur Rojinawi mengucapkan banyak terima kasih kepada para mitra, kementrian/lembaga, intansi pemerintah, lembaga usaha, lembaga, NGO, Komunitas, para relawan peserta, serta semua yang hadir dalam kegiatan ini. 

Rangkaian jambore relawan Squad PBI, sekaligus dalam rangka memperingati Hari Relawan Sedunia ini dilaksanakan dua hari, Sabtu – Minggu, 4 – 5 Desember 2021, ada Focus Group Discussion, Fun Game Kompetensi, Ketangkasan relawan, Workshop 4 Kluster Penanggulangan Bencana, Volunteer Fun Camp dan Simulasi Kebencanaan Gempa Bumi. 

“Satu hal, dalam rangkaian kegiatan Jambore Relawan ini juga di hadirkan perwakilan dari BPJS, untuk menjelaskan tentang program  Jaminan Sosial Ketenaga Kerjaan. Karena program BPJS ini sangat penting bagi para relawan, yang bertugas penuh dengan risiko dilapangan,”jelas Subur Rojinawi. 

Sementara itu, Ibu Prasinta Dewi selaku Deputi Bidang Pencegahan BNPB dalam arahanya saat penutupan acara tersebut juga mengapresiasi kepada para relawan yang tergabung dalam Squad PBI. 

“Keberadaan para relawan memberikan konstribusi yang luar biasa, dimana kerjanya mudah dikenali, mereka tidak mengenal lelah,”jelas Deputi Bidang Pencegahan BNPB. 

Sebagai bentuk sinergitas, relawan merupakan represetatif dari bagian pentahelik dalam kegiatan penanggulangan bencana. Selain itu keberadaan para relawan ini membuktikan bahwa kedermawanan masih ada dinegeri kita yang sejak dulu menjunjung nilai-nilai kegotong royongan. 

Dalam kesempatan tersebut, Deputi Bidang Pencegahan BNPB menekankan perlunya bagi para relawan untuk terus meningkatkan kapasitasnya dan perlunya komptensi bagi para relawan. 

Sinergitas akan terbangun tidak semata dalam kerelawanan, tetapi juga dari sisi keahliannya.  Perlunya untuk terus berkomunikasi terhadap pembangunan pengurangan risiko bencana. 

Kegiatan Jambore Relawan sekaligus dalam rangka peringatan Hari Relawan Sedunia tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Squad PBI, mengusung tema “Membangun Sinergitas Relawan, Menuju Indonesia Tumbuh, Indonesia Tangguh.”

(ratman
)

Share Berita

Dipost Oleh W Suratman

Staf Pusdalops BNPB

Post Terkait

Tinggalkan Komentar