Edukasi Budaya Sadar Bencana, Siswa Siswi SDN 01 Paninggaran Siap Untuk Selamat

Edukasi Budaya Sadar Bencana, Siswa Siswi SDN 01 Paninggaran Siap Untuk Selamat

PEKALONGAN - Sebanyak 230 murid SDN 01 Paninggaran Kab. Pekalongan mendapat pengalaman dan pengetahuan baru mengenai kebencanaan melalui kegiatan Edukasi Budaya Sadar Bencana Sabtu (20/7). Rita Rosita S selaku Kepala Bidang Humas BNPB dalam sambutannya menyampaikan kegiatan Edukasi Budaya Sadar Bencana ini merupakan agenda rutin BNPB dalam upaya meningkatkan kesadaran dan kapasitas masyarakat dalam menghadapi bencana.

Kegiatan yang dibuka di aula SDN 01 Paninggaran tersebut juga menggandeng BPBD Kab. Pekalongan dan Damkar Pekalongan. Dikesempatan yang sama dalam sambutannya Budi Rahardjo, selaku Kalak BPBD Kab. Pekalongan menyambut baik dan siap memfasilitasi kegiatan-kegiatan yang memperkaya wawasan kebencanaan masyarakat Kab. Pekalongan.

Kegiatan edukasi yang dikemas sangat dekat dengan anak-anak ini bertujuan mengenalkan berbagai macam bencana yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggal mereka yakni gempabumi, tanah longsor dan banjir serta bagaimana agar siap untuk selamat. Anak-anak sangat antusias mendengarkan paparan dari tim BNPB dan kepala BPBD Kab. Pekalongan yang sama-sama mengajak untuk sadar terhadap potensi bencana di sekitar mereka. Pesan-pesan cinta lingkungan juga diselipkan di setiap kegiatan seperti lomba mewarnai bertema lingkungan. 

Tawa anak-anak kemudian pecah saat Kak Ojan mulai mendongeng bersama Jojo, boneka monyet yang lucu dan menggemaskan. Tak lupa Kak Ojan mengajak anak-anak untuk berjanji menjaga lingkungan dan tidak menebang pohon sembarangan.

Wajah-wajah polos itu kemudian serius saat tim Damkar mengajak anak-anak untuk melakukan simulasi gempa. Anak-anak dengan tertib bahkan sama sekali tidak panik berjalan keluar ruangan dan berkumpul di titik kumpul. Anak-anak juga diberi pengetahuan beberapa teknik memadamkan api, bahkan beberapa diantaranya dengan berani praktek  memadamkan api dengan didampingi oleh tim yang berpengalaman. 

Kegiatan diakhiri dengan berfoto bersama dan pembagian buku edukasi bencana. Seluruh kegiatan berjalan dengan lancar dan diharapkan murid-murid SDN 01 Paninggaran dapat menjadi agen-agen tangguh bencana yang handal.

 

(Sumber ;  tulisan/foto : Humas BNPB)

Share Berita

Dipost Oleh W Suratman

Staf Pastigana

Post Terkait

Tinggalkan Komentar