IOF Adakan Parade Hari Kesiapsiagaan Bencana di Area Pameran IIMS

IOF Adakan Parade Hari Kesiapsiagaan Bencana di Area Pameran IIMS

JAKARTA – Indonesia Of Road Federation (IOF) mengadakan parade Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) di area Pameran Indonesia International Motor Show (IIMS), JIEXPO, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (28/04/2018). 

Hadir dalam parade tersebut, Ketua Umum IOF Periode (2014 – 2018), Askar Kartiwa, Sekjen IOF, Adji Gunawan, Bidang Hubungan Antar Daerah, Herry Thaib, Ketua IOF Pengda Provinsi DKI Jakarta, Iwan Sakri dan Sulistyono, beserta jajaran pengurus dan anggota lainya. Disamping itu hadir pula, Bintang Susmanto dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). 

Dalam kata sambutanya, Bintang Susmanto menyampaikan bahwa BNPB sangat berterima kasih dan apresiasi kepada seluruh jajaran IOF, karena telah menyelenggarakan parade dengan tema Siap Untuk Selamat. Lebih lanjut Irtama BNPB juga menjelaskan bahwa, tanggal 26 April 2018 kemarin, BNPB telah mencanangkan Hari Kesiapsiagaan Bencana. 

“Adapun tema Hari Kesiapsiagaan Bencana tahun ini adalah, Kesiapsiagaan dimulai dari diri kita, keluarga dan komunitas. IOF termasuk dalam komunitas, “jelas Bintang Susmanto. 

Lebih lanjut Irtama BNPB juga menyampaikan bahwa salah satu kegiatan dalam HKB tersebut adalah simulasi dan evakuasi mandiri yang diikuti secara serentak di seluruh tanah air. Sebagaimana kita ketahui bahwa secara geologis Indonesia berada pada tiga pertemuan lempeng aktif, Indo-Australia, Eurasia dan Pasifik, sehingga pengaruh dari letak tersebut Indonesia merupakan daerah rawan bencana. Untuk itu sudah seharusnya kita semua sadar dan peduli terhadap ancaman bencana yang ada di wilayah sekitar kita. 

Irtama BNPB juga mengatakan bahwa selama ini IOF telah menjalin kerjasama dengan BNPB (sudah ada MoU), untuk penanggulangan bencana, khususnya untuk daerah daerah yang sulit dijangkau oleh kendaraan bermotor biasa. Harapanya kerjasama ini bisa terus berkelanjutan, diikuti dan ditindaklanjuti oleh para Pengurus Daerah (Pengda) IOF diseluruh Indonesia untuk kerjasama dengan BPBD di daerahnya masing-masing. 

IOF adalah organisasi Offroad Indonesia yang bersifat nirlaba dan mempunyai misi pelestarian alam agar kita semua bisa menikmati kegiatan luar ruang melalui edukasi dan kesadaran melestarikan lingkungan. Tahun 1999, pertama kali IOF berdiri dan saat itu juga pendiri IOF yang terdiri dari 14 orang bertekad untuk mendirikan wadah kegiatan Offroad dan memperkenalkan Tread Lightly, suatu kegiatan outdor ramah lingkungan. 

Disamping itu IOF juga memiliki divisi Penanggulangan Bencana, antara lain IOF Rescue, dll, yang secara aktif turun dan membantu ketika terjadi bencana, khususnya untuk daerah-daerah yang sulit dijangkau, keberadaan IOF menjadi solusi karena sumber daya dan fasilitas kendaraan yang dapat menjangkau daerah-daerah yang sulit ditempuh dengan kendaraan biasa dalam penanganan warga masyarakat yang terdampak bencana.

Share Berita

Dipost Oleh W Suratman

Staf Pastigana

Post Terkait

Tinggalkan Komentar