Jelang Puncak HKB 2021, Fasilitator dan Pendamping Desa Lakukan Tes Swab COVID-19

Jelang Puncak HKB 2021, Fasilitator dan Pendamping Desa Lakukan Tes Swab COVID-19

Jelang Puncak HKB 2021, Fasilitator dan Pendamping Desa Lakukan Tes Swab COVID-19

CILACAP [ www.siaga.bnpb.go.id/hkb ] - Jelang puncak peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) 2021 yang akan dihelat pada hari Senin (26/4), seluruh personel fasilitator dan pendamping desa yang bertugas sebagai tim teknis pelaksana melakukan tes usap (swab test) untuk memastikan bahwa mereka terbebas dari virus SARS-CoV-2.

Tes usap tersebut dilakukan di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap pada Sabtu (24/4) dan Minggu (25/4) oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cilacap.

Menurut Ketua Tim Pelaksana HKB 2021 sekaligus Direktur Kesiapsiagaan BNPB, Eny Supartini, tes usap berbasis antigen menjadi salah satu syarat mutlak yang harus dijalani oleh seluruh personel untuk mencegah terjadinya penularan COVID-19. Hal itu sekaligus menjadi upaya pencegahan dan tentunya juga diimbangi dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

“Fasilitator, Pendamping desa dan pelaksana kegiatan telah melakukan rapid tes antigen sebagai syarat utama melakukan latihan evakuasi mandiri," jelas Eny, Minggu (25/4).

Kegiatan HKB 2021 akan digelar secara serentak di seluruh Indonesia dan Kabupaten Cilacap menjadi tuan rumah pada kegiatan tahun ini. Kegiatan yang diperingati setiap tanggal 26 April ini dilaksanakan sebagai bentuk penguatan kapasitas, peningkatan kesiapsiagaan dan mitigasi bencana.

Adapun kegiatan seperti edukasi, sosialisasi hingga simulasi bersama dari bencana gempabumi dan tsunami dilakukan serentak dengan diawali penyalaan sirine sebagai tanda waktu pelaksanaan dimulai.

Dalam hal ini, kegiatan HKB diikuti dan dilaksanakan oleh lintas Kementerian/Lembaga, stakeholder terkait, komunitas, unsur akademisi, relawan, dunia usaha, masyarakat dan peran serta media massa seluruh Indonesia.

Rangkaian kegiatan HKB di Cilacap juga akan dihadiri oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Dr. (H.C.) Doni Monardo pada Rabu (28/4) dengan agenda penguatan mitigasi berbasis vegetasi yang dilanjutkan Rapat Koordinasi Penanganan COVID-19 bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Cilacap.

 

(Sumber : Dr. Raditya Jati/Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB)

Facebook : @InfoBencanaBNPB
Twitter : @BNPB_Indonesia
Instagram : @bnpb_indonesia
Youtube : BNPB Indonesia

#SiapUntukSelamat
#KitaJagaAlamJagaKita
#BudayaSadarBencana
#BersatuLawanCovid19
#CuciTangan
#JagaJarak
#MaskerUntukSemua
#DiRumahAja

Share Berita

Dipost Oleh W Suratman

Staf Pusdalops BNPB

Post Terkait

Tinggalkan Komentar