Kick Off Meeting Hari Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2020

Kick Off Meeting Hari Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2020

JAKARTA – Pada tanggal 26 April 2017 diperingati sebagai Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) pertama. Dalam memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana tersebut, melalui berbagai rangkaian kegiatannya untuk mengedukasi masyarakat agar memiliki kapasitas dalam kesiapsiagaan menghadapi ancaman risiko secara mandiri menumbuhkan budaya sadar bencana serta perubahan sikap menghadapi potensi risiko telah siap.

Sebagai rangkaian awal kegiatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2020, BNPB mengadakan : “Kick Off Hari Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2020, Jumat (28/02), di Aula Sutopo Purwo Nugroho, Gedung Graha BNPB Lt.15, Jakarta Timur.

Acara Kick Off HKB 2020 akan dibuka oleh Sekretaris Utama BNPB, Harmensyah beserta jajaran BNPB lainnya, Perwakilan dari Kementerian/Lembaga, BPBD Provinsi/Kabupaten, Kalangan Lembaga Usaha, Akademisi, Komunitas, NGO serta para Relawan dan penggiat kebencanaan.

Melalui berbagai pertimbangan strategis, tahun 2020 BNPB akan menggelar puncak Hari Kesiapsiagaan Bencana untuk tingkat nasional rencanannya  akan dipusatkan di Kota Pariaman, Sumatera Barat.

Pilihan Kota Pariaman, mengingat kota tersebut merupakan daerah memiliki potensi risiko tinggi  bencana, dimana potensi risiko bencana yang sering terjadi adalah banjir, longsor serta ancaman megathrust gempabumi dan tsunami.

Untuk itu BNPB bersama pemerintah daerah dan para pihak mengajak masyarakat yang tinggal di kawasan rawan tsunami, terutama di Kota Pariaman dan daerah-daerah lainya, untuk bersama-sama melakukan evakuasi mandiri, selain itu juga akan dilakukan penanaman pohon disepanjang pantai, sebagai strategi untuk menghadapi bencana tsunami, untuk mengurangi kecepatan laju air laut ketika terjadi gelombang tinggi.

Selain itu juga memastikan bahwa uji sistem peringatan dini tsunami di Kota Pariaman dan kota-kota lain yang rawan tsunami dipastikan berfungsi dengan baik, sehingga ketika terjadi bencana masyarakat bisa menerima informasi peringatan dini secara akurat dan mampu meresponya dengan baik, sehingga bisa melakukan tindak penyelamatan mandiri.

Adapun tema besar tema besar Hari Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2020 ini, lanjut Lilik Kurniawan, adalah “Penanggulangan Bencana Urusan Bersama”.

Untuk itu BNPB mengajak semua pihak, setiap individu, keluarga, komunitas, NGO, lembaga pemerintah/swasta, lembaga usaha, akademisi dan media untuk ikut terlibat dalam kegiatan evakuasi mandiri dalam rangkaian Hari Kesiapsiagaan Bencana di seluruh Indonesia.

“Kita libatkan seluruh stakeholder baik pemerintah, masyarakat, TNI dan Polri, kita lakukan simulasi bencana dan tindakan apa saja yang akan dilakukan sebelum, sesaat dan sesudah terjadinya bencana,”jelas Lilik Kurniawan.

Harapan kita bahwa latihan evakuasi mandiri dan simulasi kebencanaan ini nantinya akan menjadi suatu aksi kesiapsiagaan yang berkelanjutan dalam menguatkan masyarakat Indonesia siap selamat diwilayah  rawan bencana.

Untuk itu dalam Hari Kesiapsiagaan Bencana tahun 2020 ini kita akan sinergikan juga dengan program Keluarga Tangguh Bencana (Katana), agar setiap individu dan keluarga mampu memahami apa ancamannya, memiliki pengetahuan dan kesadaran untuk menyelamatkan diri serta meningkatkan budaya sadar bencana.  (*)


--------------------------------------
Direktorat Mitigasi Bencana

 

(sumber : BNPB)

Share Berita

Dipost Oleh W Suratman

Staf Pusdalops BNPB

Post Terkait

Tinggalkan Komentar