Membangun Masyarakat Tangguh Bencana Secara Inklusif dan Berkelanjutan, PMI Gelar Seminar dan Lokakarya Nasional

Membangun Masyarakat Tangguh Bencana Secara Inklusif dan Berkelanjutan, PMI Gelar Seminar dan Lokakarya Nasional

Seminar dan Lokakarya Nasional Membangun Masyarakat Tangguh Bencana Secara Inklusif dan Berkelanjutan Berbagi Pembelajaran Membangun Masyarakat Tangguh Banjir Diadakan di Jakarta, 7 – 8 Maret 2018, Oleh : PMI

JAKARTA - Palang Merah Indonesia (PMI) bersama IFRC dan Zurich Insurance menggelar Seminar dan Loka Karya Nasional yang diadakan di Hotel Millenium Jakarta, Rabu, 7 – 8 Maret 2018 yang dibuka secara langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia sekaligus Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla, dengan mengangkat tema besar “Membangun Masyarakat Tangguh Bencana secara Inklusif dan Berkelanjutan”. 

Seminar dan lokakarya nasional dihadiri oleh perwakilan pemerintah, yaitu Kementerian Dalam Negeri,  Kementerian Desa, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), serta perwakilan PMI dari 34 Provinsi,  Relawan Siaga Berbasis Masyarakat (SIBAT), dan sejumlah organisasi yang bergerak di bidang kesiapsiagaan bencana. 

Menurut Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI Pusat Letjen (Purn) TNI H. Sumarsono,mengatakan, permasalahan banjir merupakan masalah bersama, Penanganan banjir membutuhkan kerjasama dan koordinasi lintas sektoral Semua pihak bisa berperan dan terlibat aktif Baik masyarakat, media maupun pemerintah, Kemitraan yang terjalin ini tentu akan memudahkan pemerintah dalam mengatasi permasalahan banjir selama ini. 

“Program selama ini yang dilaksanakan PMI melalui intervensi holistik dengan menggunakan kerangka kerja ketangguhan berbasis lima modal (manusia, keuangan, alam, fisik & sosial). Banyak sekali capaian utama dari Implementasi Program Membangun Masyarakat Tangguh Banjir,” Pungkas Sumarsono. 

Sementara itu, Kepala Divisi Penanggulangan Bencana PMI Pusat, Arifin M. Hadi menjelaskan seminar dan lokakarya ini menjadi sarana untuk berbagi dan memberikan solusi untuk menangani banjir bersama. 

“Di seminar ini akan ada paparan pengalaman dan cerita sukses dalam menghadapi persoalan banjir. Bagaimana keterlibatan lintas sektoral menjadi salah satu keberhasilan dan menjadi kekuatan bersama menanggulangi banjir,” kata Arifin. 

Sebelum kegiatan 2 hari semiloka dimulai, kegiatan ini juga akan diawali dengan beberapa kegiatan diantaranya : 
1. Lauching Beberapa Produk Video Masyarakat Tangguh Banjir dan PFR 
2. Buku Cerita Sukses Program Masyarakat Tangguh Banjir. 
3. Buku Membangun Ketangguhan 
4.Toolkits Media Pendidikan Kesiapsiagaan Bencana berbasis keluarga yang akan digunakan dalam kegiatan Promosi

Perilaku Tangguh Bencana melalui program PERTAMA (Pengurangan Risiko Bencana Berbasis Masyarakat) dan Masyarakat Tangguh Bencana serta kegiatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional Tanggal 26 April 2018. (AM).

------------------------------------ 
sumber : disasterchannel.co 
http://disasterchannel.co/2018/03/07/membangun-masyarakat-tangguh-bencana-secara-inklusif-dan-berkelanjutan-pmi-gelar-seminar-dan-lokakarya-nasional/

 

Share Berita

Dipost Oleh W Suratman

Staf Pastigana

Post Terkait

Tinggalkan Komentar