Pelatihan Siaga Bencana dan Pemadam Kebakaran Bagi Personel RS dr Suyoto Purehab, Kemhan

Pelatihan Siaga Bencana dan Pemadam Kebakaran Bagi Personel RS dr Suyoto Purehab, Kemhan

JAKARTA – Sebanyak 130 orang peserta yang terdiri dari masing-masing perwakilan unit kerja dilingkungan Rumah Sakit dr Suyoto, Pusrehab, Kementerian Pertahanan (Kemhan), ikut terlibat dan berpartisipasi dalam kegiatan “Pelatihan Siaga Bencana dan Pemadam Kebakaran bagi Personel RS dr Suyoto, Pusrehab, Kemhan” pada Rabu (13/02/2019). 

Acara kegiatan pelatihan dibuka oleh Kepala Kabinayan Masum Rumah Sakit dr Suyoto, Kolonel Adi Priyono mewakili Kepala Pusrehab Kemhan, yang berhalangan hadir karena ada tugas yang lebih penting. 

Dalam arahan dan kata sambutanya Kolonel Adi Priyono mengatakan bahwa kegiatan pelatihan siaga bencana dan pemadaman kebakaran bagi personel Rumah sakit dr Suyoto, Pusrehab, Kemhan ini, untuk merefreshing kembali ingatan kita dalam kesiapsiagaan bencana. 

Hal ini lanjutnya, karena dalam setiap tahunya kita sudah melakukan kegiatan seperti ini. Namun latihan kesiapsiagaan seperti ini harus tetap dan terus dilakukan, mengingat kita berada di daerah yang rawan bencana, bahkan banyak pihak yang menyebutnya dengan istilah supermarket bencana, jelas Kolonel Adi Priyono. 

Bahkan menurut Kolonel Adi Priyono, banyaknya korban akibat bencana karena ketidaksiapan kita dalam menghadapi bencana tersebut, perlunya ketahanan dalam menghadapi bencana. Lebih lanjut Kepala Kabinayan Masum RS dr Suyoto mencontohkan kesiapsiagaan yang dilakukan oleh negara lain. 

“Berkaca dari negara lain seperti Jepang, misalnya, negeri itu begitu sering dilanda bencana, namun disisi lain juga dibarengi dengan peningkatan kapasitas masyarakatnya dari sisi kesiapsiagaan bencana, bahkan ini dilakukan sejak dari anak-anak  sudah disiapkan sejak dari usia dini, maka ketika terjadi bencana jumlah korban dapat diminimalisir, karena mereka sudah memiliki pemahaman dan kapasitas dalam kesiapsiagaan bencana.” Jelas Kolonel Adi Priyono. 

Untuk latihan kesiapsiagaan bencana kali ini, ujar Kepala Kebinayan Masum Rumah Sakit dr.Suyoto, kita libatkan seluruh perwakilan dari masing-masing unit kerja yang ada di lingkungan Rumah Sakit dr.Suyoto, tidak terkecuali mulai dari jajaran top manajemen sampai bagian cleaning service dan tukang parkir, hal ini agar semuanya memahami arti pentingnya kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana dilingkungan kerja mereka. 

Pelatihan Siaga Bencana dan Pemadaman Kebakaran Bagi Personel Rumah Sakit dr.Suyoto ini dibagi dalam dua sesi, bagian pertama dari pagi sampai masuk waktu istirahat siang, penyampian materi terkait kesiapsiagaan bencana dan sesi kedua setelah isoma materi pemadaman kebakaran. 

Untuk sesi pertama pemateri dan narasumber, Kepala Seksi Kebutuhan dan Potensi Sumber Daya, Subdit Perencanaan Siaga, Direktorat Kesiapsiagaan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Novi Komalasari, dan materi kedua serta simulasi kebencanaan dipandu oleh Fitriana Suprapti dari Jakarta Rescue beserta tim, yang juga sebagai fasilitator nasional. 

Pada kegiatan tersebut tidak saja disampaikan teori materi kesiapsiagaan bencana, tetapi juga para peserta  diajak langsung melakukan latihan dan simulasi apa saja yang harus dilakukan ketika terjadi gempa bumi, mulai dari perlindungan diri, sampai cara evakuasi turun dari gedung bertingkat menuju titik kumpul dilanjutkan laporan dan pendataan oleh floor captain dari masing-masing unit. Acara kegiatan berjalan lancar dan diikuti dengan serius oleh para peserta. 

Sekilas Tentang Rumah Sakit dr.Suyoto Pusrehab Kemhan 

Sebagaimana dilansir dari profil RS dr.Suyoto dalam websitenya bahwa sejarah pendirian Rumah Sakit dr. Suyoto tidak bisa dipisahkan dari sejarah induk organisasinya yaitu Pusat Rehabilitasi (Pusrehab) Departemen Pertahanan (Dephan). Sejak tahun 1960 diawali dengan sebuah keinginan untuk memberikan penghargaan kepada penyandang cacat (penca) ABRI/Veteran, beberapa tokoh Veteran membuat sebuah gagasan membangun suatu fasilitas rehabilitasi bagi penca  dalam bentuk Rumah Sakit Veteran. 

Rumah Sakit dr. Suyoto memberikan pelayanan perumahsakitan berupa pelayanan medik, penunjang medik dan rehabiltasi medik. RS dr. Suyoto Kemhan mempunyai Visi Mewujudkan Rumah Sakit dengan keunggulan Rehabilitasi Medik menuju pelayanan kesehat prima bagi personel Kementerian Pertahanan, TNI serta masyarakat umum. 

Mewujudkan rumah sakit dengan keunggulan rehabilitasi medik menuju pelayanan kesehatan prima bagi personel Kementerian Pertahanan dan TNI serta masyaratakat Umum. 

Salah satu penghargaan yang diraih oleh Rumah Sakit  dr Suyoto Pusrehab Kemhan, telah mendapat sertifikat penghargaan ‘Paripurna’ dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit , sebagai bukti profesionalisme manajemen dalam pengelolaan kinerja rumah sakit, termasuk di dalamnya peningkatan kapasitas sumberdaya manusianya dalam kesiapsiagaan bencana, melalui pelatihan dan simulasi siaga bencana, dan ini bisa menjadi percontohan bagi rumah sakit lain yang ada di Indonesia. 

#SiapUntukSelamat 
#BudayaSadarBencana 
#KitaJagaALAMJagaKita 
#HKB2019 #HKB26April

 
(naskah/foto : ratman)

Share Berita

Dipost Oleh W Suratman

Staf Pastigana

Post Terkait

Tinggalkan Komentar