Penandatanganan MoU Penanggulangan Bencana antara Dharma Wanita Persatuan DWP dengan BNPB

Penandatanganan MoU Penanggulangan Bencana antara Dharma Wanita Persatuan DWP dengan BNPB

Sekertaris Utama BNPB dan Ketua DWP Pusat Menandatangani Nota Kesepahaman Penanggulangan Bencana, di Graha Marinir, Rabu (06/03/2019)

JAKARTA (06 Maret 2019) – Sosialisasi kesiapsiagaan bencana itu harus dimulai dari rumah, dan sosialisasi yang paling efektif adalah melalui ibu-ibu, demikian salah satu point kata sambutan yang disampaikan Sekertaris Utama BNPB, Dody Ruswandi pada acara penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Dharma Wanita Persatuan dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), di Graha Marinir, Jl. Prapatan No.38, Senen, Jakarta Pusat, Rabu (06/03/2019). 

Dody Ruswandi menandatangani Memorandum of Understanding mewakili Kepala BNPB yang berhalangan hadir, karena ada tugas lain. Sementara dari pihak Dharma Wanita Pusat (DWP) di lakukan oleh Ibu Wien Ritola Tasmaya, selaku Ketua Dharma Wanita Persatuan Pusat. 

Maksud dan tujuan dari Nota Kesepahaman ini adalah untuk meningkatkan hubungan baik antar kelembagaan dalam kegiatan penanggulangan bencana. Adapun ruang lingkupnya terdiri dari tiga tahap yaitu pada prabencana, saat bencana dan pasca bencana. 

Dalam kata sambutanya, Kepala BNPB, Doni Monardo yang di bacakan oleh Sekertaris Utama BNPB, Dody Ruswandi, mengatakan bahwa lahirnya UU No.24/2007  tentang Penanggulangan Bencana, membuka paradigma dan cara pandang tentang penanggulangan bencana itu sendiri, dari responsif ke preventif. 

Lebih lanjut, bahwa lahirnya UU Penanggulangan Bencana tersebut kemudian dipilih sebagai Hari Kesiapsiagaan Bencana, yang dilaksanakan pada tanggal 26 April setiap tahunya. 

Melihat data keterpaparan masyaraat akibat bencana berdasarkan dari data kajian risiko BNPB, maka perlunya kita semua mengambil peran dan tanggung jawab, karena kebencanaan adalah urusan semua pihak. Diakhir sambutanya, Kepala BNPB mengajak kita semua untuk berivenstasi dalam kesiapsiagaan bencana, untuk meminimalisir dampak buruk dari bencana. 

Sementara itu, Ketua DWP Pusat Wien Ritola Tasmaya mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah memfasilitasi kegiatan ini, juga kepada DWP Instansi Pemerintah Pusat dan DWP Provinsi DKI Jakarta (Kelompok I) sehingga kegiatan ini bisa terselenggara dengan baik. 

Nota Kesepahaman antara Dharma Wanita Persatuan (DWP) dengan BNPB ini menjadi acuan dan kekuatan kaum perempuan untuk ikut berperan dalam menyelesaikan masalah bangsa dalam merespon masalah bencana. 

Kaum perempuan memiliki peran strategis dalam penanggulangan bencana dan sangat efektif dalam mentrasfer pengetahuan dan wawasanya tentang kesiapsiagaan bencana kepada anak-anaknya, keluarga dan lingkungan sekitarnya, lanjut Ketua Dharma Wanita Persatuan Pusat. 

“Ingat tanggal 26 April, Hari Kesiapsiagaan Bencana, tema besar yang akan diangkat untuk tahun ini, ‘Perempuan Menjadi Guru Siaga Bencana, Rumah Menjadi Sekolahnya, Siap Untuk Selamat,” pungkas Wien Ritola Tasmaya diakhir sambutanya. 

Usai penandatanganan Nota Kesepahaman dan sambutan-sambuta, kegiatan dilanjutkan dengan acara Talk Show, tema “Peran Perempuan Dalam Menjaga Keselematan keluarga dan Lingkungan” dengan narasumber ; Dr. Aqua Dwipayana, pakar komunikasi dan motivator, Ir. B. Wisnu Widjaja, M.Sc, Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB, Dr. Fitri Suprapti, Tim Fasilitator Nasional dari Jakarta Rescue dan Cathy Sharon, selebritis, penggiat lingkungan dan kemanusiaan untuk memberikan testimoni tentang keterlibatanya dalam kebencanaan dan dipandu oleh mederator, Irma Hutabarat. 

Kegiatan dihadiri oleh DWP dari lembaga-lembaga pemerintah antara lain Kemenkopolhukam, Kemenkumham, Kemenkes, Kemensos, Kemen Pertanian, BNPB, Wantanas, BKN, Arsip Nasional, LPP TVRI, dan Provinsi DKI Jakarta dengan jumlah peserta hingga 275 orang.

 

#SiapUntukSelamat 
#BudayaSadarBencana 
#SrikandiSiagaBencana 
#KitaJagaALAMJagaKita 
#HKB2019 #HKB26April 

Direktorat Kesiapsiagaan 
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)

Graha BNPB Lt.14, Jl.Pramuka Raya No.38, Jakarta Timur

Share Berita

Dipost Oleh W Suratman

Staf Pastigana

Post Terkait

Tinggalkan Komentar