Pentingnya Edukasi Siaga Bencana Sejak Dini

Pentingnya Edukasi Siaga Bencana Sejak Dini

LUBUK BASUNG -  Edukasi kebencanaan bagi anak usia dini perlu diberikan, agar mereka secara dini juga dapat menyerap pengetahuan jenis bencana dan bagaimana penanggulangannya secara dini ya g diberikan dalam bentuk penerimaan pengetahuan dan keterampilan penanggulangan bencana. 

Demikian disampaikan Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaam BPBD Agam Yunaidi.S, M.Pd saat mengawali sosialisasi latihan simulasi evakuasi mandiri kepada 15 orang guru TK Aisyiyah Simpang Lubuk Basung, sebelum simulasi evakuasi mandiri kepada 155 orang murid TK Aisyiyah, Rabu (19/2) di Lubuk Basung. 

Pendidikan mitigasi bencana terhadap anak sekolah diusia dini sangat diperlukan. Selain mereka menerima dan menyerap pengetahuan, semuanya bertahan dan dapat dikembangkan pada saat terjadi insiden, kata Yunadi.S yang juga penggerak PAUD sebelumnya. 

Kepala sekolah TK Aisyiyah Simpang IV Lubuk Basung Desriwati Hasan, S.Pd bersama 14 orang tenaga Pendidik Paud merasa bangga dan berterimakasih kepada Tim BPBD yang telah hadir langsung memberikan sosialisasi tentang kebencanaan. Apalagi keterampilan evakuasi mandiri diterima langsung 155 orang murid dan 15 orang guru. 

Kita yakin dengan diterimanya pengetahuan dan keterampilan kebencanaan terhadap murid TK, mereka akan menceritakan kembali kepada orangtua kakak dan adiknya di rumah. Dalam artikata sosialisasi jumlahnya bertambah, kata Desniwati. 

Tim BPBD setelah memberikan penjelasan tentang keadaan dan situasi bangunan sekolah, bila ada bencana gempa  siswa yang berada di sekolah sedang belajar perlu mengetahui arah dan jalur evakuasi yang disepakati bersama. Makanya melalui pembekalan dan peningkatan kapasitas bagi siswa perlu disiagakan. 

Pada kesempatan itu kabid PK Yunaidi.S juga mengingatkan kepada guru dan orang tua serta anak-anak untuk selalu hati-hati dan waspada terhadap isu penculikan anak. Dimana bila ada orang yang dicurigai agar segera melaporkan kepihak berwajib dan anak-anak juga tetap tetap waspada. 

Siapkan diri kita dan selalu siaga. Bila awak siap kita akan selamat, tambah Desniwati Hasan. ( Y2 ). 

(sumber : Kiriman Yunaidi.S, M.Pd Kabid PK BPBD Agam, prov. Sumbar)

Share Berita

Dipost Oleh W Suratman

Staf Pusdalops BNPB

Post Terkait

Tinggalkan Komentar