Pentingnya Merubah Persepsi untuk Menumbuhkan Kesadaran Bencana yang Dimulai dari Diri Sendiri

Pentingnya Merubah Persepsi untuk Menumbuhkan Kesadaran Bencana yang Dimulai dari Diri Sendiri

 

JAKARTA – Sebagai rangkaian/roadshow kegiatan Hari Kesiapsiagaan Bencana, jajaran BNPB, khususnya tim panitia HKB 2018, beraudensi kepada Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, Jumat (06/04/2018) di Balaikota DKI Jakarta, Jl. Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. 

Dari jajaran Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan didampingi Kasubdit Perencanaan Siaga bertemu dengan Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan didampingi oleh Kepala Pelaksana BPBD Provinsi DKI Jakarta, Jupan Ruyter, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Provinsi DKI Jakarta, Tri Indrawan serta Kepala Pusat Data dan Informasi BPBD Provinsi DKI Jakarta, Iwan Ibrahim. 

Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB, B. Wisnu Widjaja dalam pertemuan tersebut menyampaikan, bahwa BNPB mengadakan kegiatan Hari Kesiapsiagaan Bencana, setiap tanggal 26 April. Pilihan tanggal tersebut, lanjutnya sebagai pengingat ditetapkanya UU No.24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, dimana sejak saat itu terjadi perubahan besar dalam bidang penanggulangan bencana, dari perspektif responsif ke prefentif. 

“Kegiatan Hari Kesiapsiagaan Bencana ini, lebih kepada aksi untuk mengadakan latihan evakuasi mandiri yang diikuti oleh berbagai lapisan masyarakat, secara serentak. Melalui latihan ini diharapkan akan menumbuhkan budaya sadar bencana, sehingga menjadikan masyarakat tangguh dan siap dalam menghadapi bencana, ”jelas Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB. 

Sementara itu Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan menyambut baik pertemuan tersebut, serta mendukung upaya dan langkah-langkah yang dilakukan oleh BNPB. Gubernur juga menyampaikan pentingnya upaya untuk menumbuhkan kesadaran atas ancaman risiko bencana dimulai dari diri sendiri. 

Dengan demikian lanjut Gubernur, yang harus diutamakan, lebih kepada ‘safety’ keselamatan. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan juga menekankan, bahwa pentingnya aksi dan Kegiatan Hari Kesiapsiagaan Bencana ini melalui jalur sekolah. 

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi DKI Jakarta, Jupan Ruyter menambahkan bahwa di Provinsi DKI Jakarta telah dilaksanakan Sekolah dan Madrasah Aman Bencana (SMAB) yang dilaksanakan oleh Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD di bawah Pak Tri Indrawan, jelasnya. 

Mantan Kepala Satpol PP ini juga menyampaikan, bahwa ini adalah tahun kedua BNPB melaksanakan kegiatan Hari Kesiapsiagaan Bencana, dan untuk kegiatan yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat adalah Sosialisasi Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB 2018), di arera Car Free Day, sepanjang jalan Thamrin, Jakarta Pusat, pada tanggal 15 April 2018, dan pihaknya telah membantu berkoordinasi dengan pihak Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, sebagai penanggung jawab kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB). 

Diakhir sesi pertemuan tersebut Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan menegaskan kepada jajaranya untuk membuat sesuatu yang menarik, dengan melibatkan masyarakat luas pada tanggal 26 April 2018, seiring dengan kegiatan Hari Kesiapsiagaan Bencana 2018.




Share Berita

Dipost Oleh W Suratman

Staf Pastigana

Post Terkait

Tinggalkan Komentar