Peringati International Volunteer Day 2021, Squad PBI Akan Gelar Jambore Relawan

Peringati International Volunteer Day 2021, Squad PBI Akan Gelar Jambore Relawan

JAKARTA (Kamis, 11 Nopember 2021) – Dalam rangka memperiangati Hari Relawan Sedunia  (International Volunteer Day) 2021, Squad Penanggulangan Bencana Indonesia (Squad PBI), rencananya akan menggelar kegiatan Jambore Relawan.

Menurut Ketua Umum Squad PBI, Subur Rojinawi, kegiatan Jambore Relawan ini, rencananya akan digelar selama dua hari, pada tanggal 4 – 5 Desember 2021, bertempat di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur. 

Setiap tanggal 5 Desember lanjut Subur, dunia memperingati Hari Relawan Internasional atau Internasional Volunteer Day. Hari Relawan Internasional pada 5 Desember ini ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 1985. 

Adapun tema besar yang akan kita usung untuk kegiatan Jambore Relawan dalam rangka memperingati Hari Relawan Internasional tahun 2021 ini, “Membangun Sinergitas Relawan Menuju Indonesia Tumbuh, Indonesia Tangguh”. 

“Ini adalah sebuah kesempatan bagi kita sebagai relawan, dan organisasi relawan, untuk meningkatkan kesadaran, dan mendapatkan pemahaman atas konstribusi yang telah kita berikan kepada masyarakat, “jelas Ketua Umum Squad PBI. 

Hari Relawan Internasional ini juga dipandang sebagai kesempatan bagi para sukarelawan dan organisasi untuk merayakan upaya yang telah dilakukan, untuk berbagi nilai-nilai yang selama ini kita junjung tinggi sebagai relawan, serta  untuk mempromosikan kegiatan di antara komunitas, organisasi non pemerintah (NGO), otoritas pemerintah dan sektor swasta, serta badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). 

Dalam kesempatan tersebut Ketua Umum Squad PBI juga menegaskan bahwa Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan Hari Relawan Internasional ini dalam rangka menghormati dan menunjukan rasa terima kasih untuk para relawan kegiatan kemanusiaan di seluruh dunia. 

Sementara itu, Ketua Pelaksana Squad PBI, Ubait bersama tim panitia pelaksana kegiatan Jambore Relawan 2021, secara teknis telah menyusun rangkaian kegiatan acaranya, yaitu : Focus Group Discussion, Fun Game Kompetisi Ketangkasan Relawan, Workshop 4 Kluster Penanggulangan Bencana, Volunteers Fun Camp. 

“Disamping itu, dalam rangkaian kegiatan Jambore Relawan ini, juga akan ada beragam doorprize yang menarik, ”jelas Ubait. 

Untuk itu, tim panitia meminta kepada para relawan dan lembaga yang akan mengikuti kegiatan Jambore Relawan ini, untuk mengisi formulir pendaftaran terlebih dahulu melalui link/tautan : => https://bit.ly/HariRelawanSquadPBI2021

Disamping itu untuk masing-masing lembaga/komunitas mengirimkan maksimal 5 (lima) personel, peserta tidak dikenakan biaya, kecuali (tiket masuk ditanggung oleh masing-masing peserta, lembaga/komunitas). 

Para peserta juga wajib membawa tenda masing-masing, dan untuk tertib administrasi peserta wajib membawah surat tugas dari masing-masing lembaga/komunitas pada saat registrasi ulang di lokasi acara. 

Sekilas Tentang Squad Penanggulangan Bencana Indonesia

Squad PBI berawal dari Relawan Penanggulangan Bencana yang terbentuk sejak momentum tsunami Aceh tahun 2004 dan resmi terbentuk pada 11 April 2017. 

Squad PBI memiliki visi dan misi, menjadi forum dari berbagai lembaga dan komunitas penanggulangan bencana dan kemanusiaan yang tanggap, tangguh dan loyalitas, bersifat universal dan penuh tanggung jawab serta siap bermitra dengan lembaga, instansi pemerintah dan non pemerintah. 

Mampu merespons dengan cepat segala bentuk bencana skala besar dan kecil. Meningkatkan keahlian perorangan dan tim kerja yang tangguh dalam ketahanan fisik di segala medan. Menjalankan aksi penanggulangan bencana dan kemanusiaan secara menyeluruh. 

Bermitra dengan seluruh lembaga dan instansi penanggulangan dan kemanusiaan baik di dalam dan luar negeri. Mengendepankan keselamatan diri dan penyintas sesuai kaidah penolong dan nilai-nilai kemanusiaan.(ws) 

Squad Penanggulangan Bencana Indonesia (Squad BI) 

Kontak Persoan/Narahubung : 
1). Subur Rojinawi (Ketua Umum Squad PBI) – HP.0813.9150.0914 
2). Ubait (Ketua Pelaksana Squad PBI) – HP.0813.8661.1196 
3). Erwandi Saputra (Bojex) (Ketua Panitia Pelaksana Jambore Hari Relawan Sedunia) – 0812.9172.6244) 
4). Afwan (Tim Panitia) – 0856.9405.2527).

Share Berita

Dipost Oleh W Suratman

Staf Pusdalops BNPB

Post Terkait

Tinggalkan Komentar