PMI Siap Mendukung Kegiatan HKBN

PMI Siap Mendukung Kegiatan HKBN

JAKARTA – Dalam rangka koordinasi persiapan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN), Jumat (24/03) Rombongan dari Palang Merah Indonesia (PMI) beraudensi dengan Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB. Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB, B. Wisnu Widjaja memaparkan maksud dan tujuan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional. Disamping itu, ia mengajak semua komponen, mitra BNPB untuk ikut bersama-sama melakukan sebuah gerakan nasional untuk kesiapsiagaan bencana.

Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan juga mengatakan bahwa pilihan tanggal 26 April 2017, sebagai sepuluh tahun ditetapkanya Undang-Undang No.24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, yang merupakan tonggak sejarah perubahan paradigma penanganan bencana dari respon menuju paradigma pengurangan risiko bencana. Harapan kedepanya, pada tahun 2018  HKBN ini bisa ditetapkan oleh presiden.

Sementara itu, Arifin Muhammad Hadi dari PMI Pusat menyampaikan bahwa maksud dan tujuan audensi ini, ingin mendapat gambaran tentang Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN). Menurut Arifin Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional ini sejalan dengan konsen PMI, membangun ketangguhan bangsa dimulai dari individu dan keluarga. Lebih lanjut Arifin juga mengungkapkan, bahwa ini merupakan gerakan yang luar biasa bagi Indonesia kedepan. Palang Merah Indonesia, siap mendukung gerakan ini, bahkan beberapa daerah seperti Bogor dan lain-lain sudah berkoordinasi dengan BPBD setempat untuk pelaksanaan simulasi pada tangal 26 April mendatang.

Disamping itu PMI dalam waktu dekat  bersama mitranya dalam forum internasional akan ikut ambil bagian dalam The 1BC (One Billion Coalition) for Resilience, gerakan ini sejalan dengan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional yang sedang dipersiapkan, bahkan kedepan HKBN ini bisa di bawah ke forum  tersebut. (ws)  

Share Berita

Dipost Oleh Super Administrator

Tim Teknologi Informasi - Pusat Analisis Situasi Siaga Bencana (PASTIGANA)

Post Terkait

Tinggalkan Komentar