Radiogram Mendagri, Agar Pemerintah Daerah Berpartisipasi Aktif dalam HKB2020

Radiogram Mendagri, Agar Pemerintah Daerah Berpartisipasi Aktif dalam HKB2020

Radiogram dari Kemendagri Nomor : 360/2159/SJ, tanggal 05 Maret 2020,

JAKARTA – Kementerian Dalan Negeri (Kemendagri) telah mengirimkan radiogram kepada seluruh Kepala Daerah, baik ditingkat provinsi, kabupaten/kota, para gubernur, bupati/walikota untuk melakukan upaya  peningkatan pencegahan dan kesiapsiagaan bencana melalui partisipasi aktf dalam Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) Tahun 2020. 

Demikian salah satu point penting isi radiogram dari Kemendagri Nomor : 360/2159/SJ, tanggal 05 Maret 2020, dengan klasifikasi : Segera, yang ditanda tangani oleh Sekertaris Jendral Kemendagri, tertanda Dr.Adi Prabowo, MM. 

Adapun dasar radiogram tersebut, menunjuk surat dari Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Nomor : B.140/BNPB/SU/PK.03/02/2020 tanggal 19 Februari 2020, perihal dukungan radiogram Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) Tahun 2020. 

Sehubungan dengan hal tersebut diminta kepada para Gubernur dan Bupati/Walikota di seluruh Indonesia untuk melakukan upaya peningkatan pencegahan dan kesiapsiagaan terhadap bencana, melalui langkah-langkah sebagai berikut : 

Mensosialisasikan paradigma penanggulangan bencana kepada masyarakat tentang pentingnya mengutamakan prinsip pencegahan/pengurangan risiko bencana, melalui kegiatan komunikasi, informasi dan edukasi rawan becana di daerah masing-masing, sebagaimana amanat UU No.24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana (PB). 

Disamping itu juga berpedoman pada arahan Bapak Presiden Republik Indonesia, Ir. Jokowidodo pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penanggulangan Bencana Tahun 2020 di Sentul, Bogor, Jawa Barat, bahwa ; “Seluruh Intansi Pemerintah Pusat dan Daerah Harus Bersama – Sama, Bersinergi Untuk Upaya Pencegahan, Mitigasi dan Meningkatkan Kesiapsiagaan.” 

Ditetapkannya UU No.24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana pada tanggal 26 April 2007, selanjutnya diperingati sebagai Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB). Hari Kesiapsiagaan Bencana merupakan suatu gerakan nasional untuk mengguggah kesadaran, meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan seluruh pemangku kepentingan baik pusat maupun daerah; 

Sehubungan dengan hal tersebut Gubernur, Bupati/Walikota pada tanggal 26 April 2020, pukul 10.00 – 12.00 waktu setempat agar melaksanakan simulasi, evakuasi bencana mandiri secara serentak pada masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD)/Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dengan slogan “Kita Jaga Alam, Alam Jaga Kita dan Siap Untuk Selamat”  

#KitaJagaALAMJagaKita 
#SiapUntukSelamat 
#BudayaSadarBencana. 


(Penulis : W. Suratman /Foto : Ilustasi/Tim Creative HKB2020)

Share Berita

Dipost Oleh W Suratman

Staf Pusdalops BNPB

Post Terkait

Tinggalkan Komentar