Rapat Persiapan Panitia Hari Kesiapsiagaan Bencana 2020

Rapat Persiapan Panitia Hari Kesiapsiagaan Bencana 2020

Rapat Persiapan Panitia Hari Kesiapsiagaan Bencana 2020 . Mendapat arahan dari Deputi Bidang Pencegahan BNPB, Lilik Kruniawan (sumber foto : TM)

Simulasi Siaga Bencana Kebutuhan Setiap Individu dan Keluarga.


JAKARTA – Setiap tanggal 26 April, diperingati sebagai Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB), sejak awal pencanangannya tahun 2017 BNPB melalui Direktorat Kesiapsiagaan melakukan berbagai kegiatan, sampai puncak acara, 26 April. 

Dan, berulang kali disampaikan bahwa kegiatan Hari Kesiapsiagaan Bencana, bukan sekedar seremonial, tetapi lebih kepada aksi, dengan melibatkan warga masyarakat secara luas, untuk melakukan simulasi kesiapsiagaan bencana. 

Bahkan Deputi Bidang Pencegahan BNPB, Lilik Kurniawan pada saat  rapat persiapan panitia Hari Kesiapsiagaan Bencana tahun 2020,  menyampaikan bahwa kita akan mengintegrasikan kegiatan HKB tahun 2020 ini dengan program Keluarga Tangguh Bencana. 

Rapat persiapan panitia Hari Kesiapsiagaan Bencana 2020, diikuti oleh jajaran dilingkungan Direktorat Kesiapsiagaan, Kedeputian Pencegahan BNPB, Rabu (12/02), di Ruang Rapat, Lt.6, Graha BNPB, Jakarta Timur. 

Lebih lanjut, Deputi Bidang Pencegahan BNPB, menyampaikan,  intinya bahwa ketangguhan menghadapi bencana, dimulai dari keluarga. Bagaimana, kita mengedukasi masyarakat, bahwa simulasi siaga bencana merupakan kebutuhan setiap keluarga juga kebutuhan setiap orang, kebutuhan kita semua. 

Hal ini, lanjut Lilik Kurniawan mengingat kita hidup diwilayah rawan bencana, sehingga mau tidak mau kita harus bersiap diri. 

Untuk itu melalui HKB 2020 ini, kita akan menancapkan akar dan mengokohkan komitmen bagi setiap individu dan keluarga di Indonesia, untuk lebih siap siaga menghadapi bencana. 

Disisi lain kita juga akan mensinergikan Hari Kesiapsiagaan Bencana tahun 2020, dengan semangat Rakornas Penanggulangan Bencana yang telah dilaksanakan oleh BNPB di Sentul, Bogor (3-4 Februari 2020), yaitu ; “Bencana Urusan Bersama.” 

#SiapUntukSelamat
#BudayaSadarBencana
#KitaJagaAlamJagaKita
#HKB2020  #HKB26April  

----------------------------
Penulis : W. Suratman
Foto : Tasril Mulyadi

Share Berita

Dipost Oleh W Suratman

Staf Pusdalops BNPB

Post Terkait

Tinggalkan Komentar