Relawan PKPU HI Yogyakarta Lakukan Edukasi Bencana ke Masyarakat

Relawan PKPU HI Yogyakarta Lakukan Edukasi Bencana ke Masyarakat

YOGYAKARTA - Dalam rangka menyambut Hari Kesiapsiagaan Bencana yang jatuh pada 26 April, PKPU HI cabang DIY melakukan edukasi kebencanaan dengan tujuan memberikan pembekalan dan pembelajaran kepada masyarakat yang berada di daerah rawan bencana. 

Agenda ini diawali dengan pembekalan terkait kebencanaan baik pengenalan daerah atau wilayah rawan bencana, mitigasi bencana dan budaya untuk selamat dari bencana kepada sedikitmya 50 relawan yang bearasal dari mahasiswa dan masyarakat sekitar. 

Setelah pembekalan kemudian para relawan dimobilisasi untuk melakukan edukasi ke masyarakat terkait kesiapsiagaan menghadapi bencana. 

Selain itu para relawan juga ditugaskan mengumpulkan data dengan menyebarkan kuisioner yang bertujuan mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman masyarakat di desa Kebonagung ini mengenai kebencanaan dan kesiapsigaannya menghadapi bencana jika sewaktu waktu terjadi. 

Rangakaian acara menyambut hari kesiapsiagaan bencana ini dilaksanakan di desa Kebonagung, Kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul, Sabtu (21/04/2018). 

Dipilihnya daerah ini karena wilayah ini merupakan daerah rawan bencana berada di bantaran sungai Opak dan juga berada di ring patahan Opak Oya yang berjarak hanya sekitar 1.5 km dr patahan tersebut merupakan wilayah berpotensi gempa, berdasarkan sumber data peta bencana BPBD Kabupaten Bantul.

(sumber : PKPU HI Cab DIY).

Share Berita

Dipost Oleh W Suratman

Staf Pastigana

Post Terkait

Tinggalkan Komentar