Sebanyak 25 Juta Orang Akan Ikut Ambil Bagian Pada HKB 2018

Sebanyak 25 Juta Orang Akan Ikut Ambil Bagian Pada HKB 2018

Rapat Tim Panitia

JAKARTA (HKB2018) - Sebanyak 25.000.000 orang akan ikut ambil bagian pada Kegiatan Hari Kesiapsiagaan Bencana tahun 2018. Hal ini mengemuka pada pertemuan rapat pertama panitia Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) tahun 2018 yang di pimpin oleh Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB, Kamis (15/02/2018), di Graha BNPB, Jakarta Timur.Selain Deputi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB, rapat juga dihadiri oleh Direktur Kesiapsiagaan BNPB, Junjungan Tambunan, para Kasubdit, Kasie dan jajaran staff di lingkungan Kedeputian Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB. 

“Pada 26 April Tahun 2017 kita telah meginisiasi Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB), berdasarkan data partisipasi yang masuk ke panitia sebanyak 10.500.000 orang ikut dalam kegiatan HKB tersebut. Untuk tahun 2018 ini rencanaya kita akan mencanangkan Hari Kesiapsiagaan Bencana, target kita kali ini sebanyak 25.500.000 orang dari seluruh Indonesia ikut ambil bagian dalam kegiatan HKB 2018, “jelas Wisnu Widjaja, selaku Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB. 

Sebagaimana tahun lalu berbagai rangkaian kegiatan Hari Kesiapsiagaan Bencana akan digelar mulai dari sosialisasi, Apel Siaga, Gelar Peralatan dan Logistik, Pameran Kesiapsagaan Bencana serta Simulasi/Latihan Kebencanaan dengan evakuasi mandiri secara serentak. 

“Harapanya Presiden R.I. berkenan untuk menetapkan Hari Kesiapsiagaan Bencana, pada 26 April 2018 mendatang,”jelas Deputi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB. 

Tanggal 26 April dijadikan sebagai Hari Kesiapsiagaan Bencana, karena berbagai pertimbangan dan tinjauan sejarah dalam bidang Penanggulangan Bencana. Disahkanya UU Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana pada tanggal 26 April 2007. Dan sejak saat itu juga terjadi perubahan paradigma dalam upaya penanggulangan bencana dari perspektif responsif ke preventif, dimana semua lingkup kegiatan dalam pengelolaan risiko bencana lebih diutamakan. 

Melihat kondisi geografis Indonesia dengan ribuan pulau dan berada dijalur cicin api sehingga menjadi salah satu negara yang memiliki risiko tinggi terhadap ancaman bencana. 

Maka Hari Kesiapsiagaan Bencana tersebut menjadi begitu penting untuk menumbuhkan gerakan kesiapsiagaan dan meningkatkan kapasitas pemerintah, organisasi, masyarakat, komunitas dan individu agar mampu menanggapi suatu situasi bencana secara cepat dan tepat melalui latihan evakuasi mandiri bencana secara serentak. (*)

Berikut Saluran Media Social Panitia HKB2018 :
FB : Hari Kesiapsiagaan Bencana
IG : HKB_26April
Twiter : HKB_26April
Youtube : HKB_26April

#SiapUntukSelamat
#HariKesiapsiagaanBencana
#HKB2018
#HKB26April

Share Berita

Dipost Oleh W Suratman

Staf Pastigana

Post Terkait

Tinggalkan Komentar