SMPIT Al Haraki Depok Berinisiatif Melaksanakan Simulasi dan Evakuasi Gempabumi

SMPIT Al Haraki Depok Berinisiatif Melaksanakan Simulasi dan Evakuasi Gempabumi

Simulasi dan Evakuasi Gempabumi di Sekolah Al Haraki Depok dengan Fasilitator dari Direktorat PRB BNPB dan YKRI

DEPOK, JAWA BARAT - Dalam rangka persiapan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB 2018), sekaligus memberikan pembekalan kesiapsiagaan terhadap ancaman bencana gempabumi bagi siswa/siswi di sekolah dari ancaman bencana Gempabumi, maka Sekolah Menengah Islam Terpadu (SMPIT) AL Haraki Kota Depok berinisiatif melaksanakan kegiatan simulasi dan evakuasi  bencana gempabumi di sekolah, Rabu (14/03/2018). 

Sebanyak kurang lebih 1.300 siswa/siswi terlibat dalam kegiatan simulasi dan evakuasi gempabumi tersebut. Kegiatan simulasi dan evakuasi ini merupakan inisiatif dari sekolah dengan dampingan/difasilitasi oleh Direktorat Pengurangan Risiko Bencana (PRB) dan Yayasan Kausa Resiliensi Indonesia (YKRI). 

Maksud dan tujuan dari kegiatan ini untuk membangun kesiapsiagaan warga sekolah terhadap ancaman gempabumi, serta untuk mengetahui proses menuju sekolah aman bencana, dimana hasilnya SMPIT Al Haraki akan menindaklanjuti rencana aksi sekolah dari evaluasi tersebut, salah satunya adalah Standart Operasi Prosedur (SOP) proses evakuasi warga sekolah. 

“Ini merupakan inisiatif dari sekolah untuk membangun kesiapsiagaan warga sekolah dalam merespon ancaman bencana yang ada. Untuk saat ini kita melakukan simulasi gempabumi, dimana sebelumnya kami pernah melakukan simulasi untuk bencana kebakaran,”jelas pimpinan SMPIT AL Haraki.  

Sebagaimana diketahui berdasarkan data dari BMKG bahwa pada tanggal 23 Januari 2018 sekitar pukul 13.34 WIB  wilayah Jabodetabek ikut merasakan terjadinya gempabumi tektonik dengan kekuatan skala M 6.1 dengan pusat gempa di Provinsi Banten (wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa). 

Akibat terjadinya gempa tersebut sebagian warga sempat panik, sehingga perlu adanya latihan dan simulasi kesiapsiagaan bencana termasuk di lingkungan sekolah. 


#SiapUntukSelamat 
#BudayaSadarBencana 
#GiatHKB2018

Share Berita

Dipost Oleh W Suratman

Staf Pastigana

Post Terkait

Tinggalkan Komentar