Sosialisasi HKB 2018 di Sydney Australia

Sosialisasi HKB 2018 di Sydney Australia

Pertemuan The 5th Plenary Meeting of ISO /TC 292 Security and Resilience yang berlangsung di Sydney Australia (11 – 16 Maret 2018),

SYDNEY – Team BNPB dari Direktorat Pengurangan Risiko Bencana (PRB) mengikuti pertemuan The 5th Plenary Meeting of ISO /TC 292 Security and Resilience yang berlangsung di Sydney Australia (11 – 16 Maret 2018), sekaligus berkesempatan mesosialisasikan Hari Kesiapsiagaan Bencana 2018 kepada para peserta yang hadir dalam pertemuan tersebut. 

Direktur Pemberdayaan Masyarakat, Lilik Kurniawan, S.T., M.Si, yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur PRB, didampingi Kasubdit Mitigasi Direktorat PRB, Mohd.Robi Amri, ST, beserta tim lainnya yang ikut dalam pertemuan tersebut merasa terharu dan gembira bahwa sambutan dan apresiasi dari para peserta atas rencana BNPB untuk mencanangkan Hari Kesiapsiagaan Bencana, 26 April 2018 begitu besar. 

Indonesia merupakan negara yang rawan bencana alam, salah satunya gempa bumi, karena dilewati oleh jalur pertemuan tiga lempeng tektonik, yaitu lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia, dan lempeng Pasifik. Tidak hanya Indonesia, tetapi diseluruh belahan dunia manapun memiliki berbagai bencana alam yang tidak dapat dihindari. 

Pemahaman akan kebencanaan dan keamanan sangat diperlukan oleh setiap masyarakat di dunia, agar dapat mendeteksi dini terhadap potensi dan kecenderungan ancaman serta gejala atau peristiwa bencana. 

Di organisasi internasional salah satunya adalah ISO membentuk sebuah komite ISO TC 292 yang merupakan standardisasi di bidang keamanan untuk meningkatkan keamanan dan ketahanan di masyarakat. 

Untuk tahun ini merupakan tahun ke 5 pertemuam komite ISO TC 292 yang berlangsung di Sydey Australia, dan pada tahun 2015 Indonesia pernah menjadi tuan rumah pertemuan The 2nd Plenary Meeting of ISO TC 292 Security and Resilience di Bali. (*)




Share Berita

Dipost Oleh W Suratman

Staf Pastigana

Post Terkait

Tinggalkan Komentar