SOSIALISASI HKB 2019 di PLAZA ASIA TASIKMALAYA DIBUKA OLEH SEKDA

SOSIALISASI HKB 2019 di PLAZA ASIA TASIKMALAYA DIBUKA OLEH SEKDA

TASIKMALAYA  - Bertempat di Plaza Asia Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu (10/04) dilaksanakan kegiatan Talkshow Sosialisasi Kebencanaan dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana 2019.

Acara tersebut dihadiri oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya Drs. H. Ivan Dicksan Hasanudin, M.Si. sekaligus membuka acara. Disamping itu juga jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di linngkungan Pemerintah Kota Tasikmalaya. 

Dengan diikuti peserta dari Tim Penggerak PKK, Darma Wanita Persatuan, Persit Kartika Candra Kirana, Bayangkari, Pia Ardhya Garini, dan Gabungan Organisasi Wanita, disamping Pramuka Kwarcab Kota Taruna, Karang Taruna, PMI Kota Tasikmalaya, Pitaloka AMS, serta para srikandi tangguh lainnya.

"Siaga Bencana Dimulai Dari Diri Sendiri dan Keluarga", demikian salah satu tema yang diangkat dalam Hari Kesiapsiagaan Bencana, disamping itu untuk tahun 2019 ini BNPB juga fokus perhatianya pada kesiapsiagaan bagi kaum perempuan, "Perempuan Menjadi Guru Siaga Bencana, Dan Jadikan Rumah Sebagai Sekolahnya" .

Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB), diperingati setiap tanggal 26 April, dengan latihan dan simulasi secara serentak seperti evakuasi mandiri, uji peringatan dini, uji lapang/shelter, dll.  Penetapan tanggl 26 April, merupakan tanggal disahkanya UU No.24/2007 tentang penanggulangan bencana, dimana undang-undang tersebut merupakan perangkat hukum yang mengubah paradigma penanggulangan bencana dari responsiv ke preventif (mengedepankan pengurangan risiko bencana).

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menginisiasi Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) sejak tahun 2017 diikuti oleh sebanyak sepuluh juta lima ratus orang peserta dari berbagai daerah. Dan pada tahun 2018 Hari Kesiapsiagaan Bencana ditetapkan secara nasional, jumlah partisipan pada tahun (2018) sebanyak tiga puluh juta lima ratus ribu orang dari berbagai wilayah di Indonesia.  Sementara itu, untuk tahun 2019 ini BNPB mentargetkan jumlah partisipan sebanyak 50 juta orang peserta. Puncak kegiatan Hari Kesiapsiagaan Bencana 2019 ini, rencananya akan dilasakanakan di Lembang, Bandung, Jawa Barat, melalui berbagai event kegiatan Kesiapsiagaan Bencana. 

Sumber : 
PUSDALOPS BPBD KOTA TASIKMALAYA
Jl. Sutisna Senjaya No. 231 Tawang Kota Tasikmalaya 

Call center :
0811 210 1113 

@polrestasikkota @humasrestasikkota @humas_jabar @lanud.wiriadinata
@bnpb_indonesia @bpbd_jabar @basarnas_jabar
@sar_nasional @jabarquickresponse
@pmi_kotatasikmalaya @pemkottsm @budibudiman27
@hkb_26april
#SiagaBanjirLongsor #SiagaAnginPutingBeliung #SiapUntukSelamat #BudayaSadarBencana #BpbdKotaTasikmalaya #KitaJagaALAMJagaKita #TasikSadarBencana
#HKB2019 #HKB26April

Share Berita

Dipost Oleh W Suratman

Staf Pastigana

Post Terkait

Tinggalkan Komentar